Andro-ID, custom rom android buatan anak negeri

Yaaaay,,akhirnya punya kesempatan untuk ngoprek lil'g lagi...Ummm sebenarnya kejadiannya kurang enak untuk diceritain...jadi gini (tetep maksa cerita :D), tunangan ane (judulnya sekarang dah tunangan ya, bukan pacar lagi hehehe :D) ngeluh mini-nya selalu restart tiap kali mau install aplikasi dari market. Nah berbagai saran ane udah diterapkan beliau namun hasilnya sama aja,,restart terus..Akhirnya kasih usul, gimana kalo tu hape dipaketin ke semarang, biar ane yang urus. 


Setelah Mini udah nyampe di tangan, agak pusing juga ane dibuat ama tingkah laku ni hp. Diinstal aplikasi dari market gak mau, maunya restart terus. Install offline pun tetep restart. Ujung - ujungya pake jurus andalan yg biasa diterapkan kalo memperbaiki komputer, Install Ulang OS nya hahaha :p. Jadi inget kalo Ice Cream Sandwich lagi dikembangkan untuk mini. Sayang ICS masih dalam status beta, dah gak sabaran juga pengen nyobain android versi 4.0. Oke karena gak mau kejadian ini gak terulang lagi nantinya, akhirnya ane milih untuk flashing ke rom yang paling stabil yaitu Andro-ID rom.

Just info, Andro-ID ini dikembangkan oleh orang berinisial tj style, atau sering dipanggil prof tj. Beliau salah satu developer android terkenal di dunia yang berasal dari Indonesia dan juga pemilik situs www.andro-id.net. Bayangkan saja, orang - orang penghuni forum hp ane (galaxy fit) pada rela2 ngumpulin donasi buat beli satu galaxy fit dan diberikan ke prof tj biar bisa dikembangin dan nyiptain rom baru dengan performa yang lebih mantap (bener2 mantap malah, skor quadrantnya hampir nyampai 2000 :D).

Untuk Andro-ID versi galaxy mini setelah ane review performanya tidak sedahsyat cyanogen, skor quadrantnya lumayan diatas 1000 tetapi ini rom paling stabil dan "bug free", yang paling penting, ini produk lokal :D. Pokoknya recommended rom bagi yang pengen upgrade android tanpa kendala atau bug. Ane lagi males bikin screenshot and ngetik, jadi keterangan lebih lanjut ke tekape aja ye: http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1107331

Prosedur installnya tetep sama yaitu via recovery clockword mod bukan via udin..klo udah pernah install cm7 berarti cukup langsung install rom ini g perlu flashing yang lain2,,namun masih ada beberapa hal yang perlu diperhatiin:
  • Lakukan backup aplikasi pake titanium backup, ntar jadinya tinggal ngerestore aplikasi yang pernah diinstal
  • Back up juga sms kalo dirasa penting, caranya liat post ane yang ini
  • Export phonebook ke sdcard, soalnya pasti bakalan ilang klo wipe data 
  • Selalu wipe data setelah flashing
Nah, selamat mencoba :)


1 comment:

  1. punten boz ane mo coba instal cusrom ini .skr ane gi pake creed 3.5 cukup bagus untuk galfit

    ReplyDelete

Monggo di-komeng