[Solved]: Mengakses Drive NTFS pada Dual Boot ArchLinux - Windows 8

Dulu ketika notebook saya terinstall dual boot Arch Linux - Win 7, saya tidak mempunyai masalah dalam mengakses drive ntfs (format partisi untuk windows) dari linux. Cukup menginstall ntfs-3g, semua masalah selesai. Sampai akhirnya saya mengupgrade ke Win 8, muncul masalah baru. Setiap saya mencoba mengakses drive windows, muncul pesan berikut:
unable to mount :(

Googling ke macem macem forum Linux, akhirnya ketemu penyebabnya. Ternyata fitur terbaru Win 8 yaitu Fast Startup, yang walaupun mempercepat waktu booting windows, membuat Linux menganggap drive tersebut masih aktif sehingga tidak bisa di-mount. Solusinya: matikan fitur ini:

And finally......

Problem's solved :D

Mampir di rumah ane yang lain: YosefAndreas.Com

No comments:

Post a Comment

Monggo di-komeng