IFTTT

Kebanyakan dari kita sekarang ini biasanya punya lebih dari satu akun online. Entah itu facebook, twitter, blogger, wordpress, instagram, flickr, evernote, linkedin, google, youtube, dropbox, box, dll. Btw ane punya semua akun yang disebutin diatas. Nah, terkadang kita melakukan yang sama pada akun yang berbeda. Misalnya, saya ingin upload sebuah foto ke instagram dan flickr. Atau ngetweet postingan baru dari blog saya. Memang sih ada beberapa plugin yang bisa bikin semua itu jadi otomatis. Tapi saya ketemu yang lebih powerful dari itu: IFTTT.

IFTTT atau If This Then That (harfiahnya sih: kalo begini, maka begitu) adalah layanan berbasis web yang memungkinkan kita melakukan otomatisasi setiap akun kita. Caranya sangat gampang: buat akun ifttt (another account again), aktifkan layanan akun online (disebut sebagai channel), dan pilih recipe (action yang menghubungkan channel tersebut. Jadi misalnya kalau saya ingin setiap postingan baru blog saya otomatis menjadi tweet, saya cukup mengaktifkan recipe ini. Dan saya gak perlu repot lagi pilih tombol share to twitter setiap saya selesai ngeblog.

Err yah saya bingung kalo mau cerita gimana kerennya layanan ini. Anda praktek sendiri saja ya :D. Yang masih saya sayangkan, aplikasi on-the-go nya baru untuk iPhone.

Mampir di rumah ane yang lain: YosefAndreas.Com

No comments:

Post a Comment

Monggo di-komeng