Colemak

Salah satu skill yang cukup saya banggakan adalah seni mengetik cepat (touch typing). Typing speed saya cukup oke, sekitar 40 wpm (words per minute). Untuk mengetik di atas keyboard pun saya udah gak melihat tuts lagi.

Cuma entah kenapa, rasanya susah sekali untuk meningkatkan typing speed saya. Padahal banyak pekerjaan yang harus diselesaikan menggunakan komputer. 

Saat saya sedang menyelesaikan sebuah buku berjudul The First 20 Hours, How to Learn Anything... FAST! salah satu skill baru yang dipelajari si author adalah touch typing. Dan disitu saya mengenal layout keyboard yang lebih efisien daripada QWERTY yaitu Colemak. Tertarik, saya pun memutuskan untuk mempelajarinya.

Yang saya lakukan sederhana. Saya menginstall layout keyboard Colemak dari situsnya www.colemak.com Walaupun saya menggunakan dual boot hal itu tidak masalah karena tersedia versi Linuxnya. Selanjutnya saya mengubah tampilan fisik keyboard saya (benar - benar mengubahnya) menjadi tampilan Colemak:
It's not qwerty anymore


Sekarang typing speed saya kembali ke level cekak. Untuk memudahkan latihan, saya menggunakan link ini. We'll see progressnya.

Mampir di rumah ane yang lain: YosefAndreas.Com

No comments:

Post a Comment

Monggo di-komeng