Tips Simple Menyelesaikan Psikotes Hafalan Kata


Bagi anda yang pernah mengikuti psikotest ketika akan memasuki sebuah perusahaan, anda pasti pernah menemukan test di bawah ini, dan baru - baru ini saya mengalaminya lagi.

Anda diberi waktu selama lima menit untuk menghapal kategori dan kata - kata dibawah ini:
BUNGA : Dahlia, Flamboyan, Laret, Soka, Yasmin
PERKAKAS : Cangkul, Jarum, Kikir, Palu, Wajan
BURUNG : Elang, Itik, Tekukur, Nuri, Walet
KESENIAN : Arca, Gamelan, Opera, Quintet, Ukiran
BINATANG : Beruang, Harimau, Rusa, Zebra, Musang.

Nah, setelah lima menit, anda akan diharuskan menjawab pertanyaan seperti dibawah ini:
1. Kata yang berawalan huruf A termasuk dalam kategori.....
    a. Bunga  b. Perkakas  c. Burung  d. Kesenian  e. Binatang

2. Kata yang berawalan huruf B termasuk dalam kategori.....
    a. Bunga  b. Perkakas  c. Burung  d. Kesenian  e. Binatang

Begitu seterusnya sampai pertanyaan ke-21 (U)

Sebenarnya, ini adalah soal termudah yang pernah saya hadapi. Bukan karena hafalan saya kuat. Ya memang sih hafalan saya kuat, tapi bukan itu point pentingnya. Yang ingin saya sampaikan adalah: siapapun bisa menyelesaikan bagian ini dengan sempurna.
Caranya gampang sekali: coba anda perhatikan setiap kata, semua memiliki abjad awal yang berbeda. Contoh: Dahlia dimulai dengan huruf D, Cangkul dimulai dengan huruf C, dll. Memang sih Wajan dan Walet menggunakan abjad awal yang sama, namun perhatikan pernyataan saya sebelumnya, soal hanya berjumlah 21 jadi hingga abjad U. Yang menarik lagi, pilihan jawaban mengikuti format yang sama yaitu: 
a. Bunga  b. Perkakas  c. Burung  d. Kesenian  e. Binatang
Ini semakin mempermudah anda.

Tekniknya adalah: cukup hafalkan awal abjad untuk setiap kategori. Jadi yang perlu anda hafalkan adalah seperti ini:

BUNGA : D, F, L, S, Y
PERKAKAS : C, J, K, P, W
BURUNG : E, I, T, N, W
KESENIAN : A, G, O, Q, U
BINATANG : B, H, R, Z, M.
Jadi agak mudah khan menghapalnya? :D

Nah teknik selanjutnya adalah jangan menjawab pertanyaan sesuai urut nomor soal, namun kerjakan sesuai urut pilihan jawaban. Maksudnya gini: pilihan jawaban a adalah Bunga, sesuai hafalan tadi: Bunga -> D, F, L, S, Y. Jadi, cari saja nomor soal yang menggunakan awalan abjad tersebut, dalam hal ini soal nomor 4 (D), 6 (F), 12 (L) dan 19 (S) kemudian pilih pilihan a.Selanjutnya cari pilihan kategori b yaitu Perkakas, sehingga cari nomor soal yang menggunakan awalan C, J, K, P, W kemudian pilih pilihan b. Begitu seterusnya hingga pilihan e. 

Simpel sekali bukan? Saya hanya butuh kurang dari 2 menit untuk menghapal kategori di atas. Saya bahkan tidak pernah tahu kata - kata tersebut karena yang saya ingat cuma abjad awalnya saja. Setelah itu dengan pedenya saya menutup lembar soal dan memandangi peserta lain yang stress menghapal setiap kata. Dan di saat semua sibuk mengingat - ingat kata sebelumnya saat menjawab soal, saya hanya melakukan cara di atas dan soal selesai terjawab dengan sempurna dalam waktu kurang dari 3 menit. Dan lagi, menutup lembar jawaban dan melirik peserta lain yang semakin panik melihat kecepatan saya menjawab soal :p


Ingin belajar dan mendalami Excel?: Klik PamanExcel.Blogspot.Com

15 comments:

Monggo di-komeng