Darktremor app2sd, Run Your Apps From SDcard

Salah satu pengembangan yang sangat maju dari sistem aplikasi android adalah kemungkinan untuk memindahkan dan menjalankan aplikasi ke external memory. Fitur ini mulai ditanamkan ke OS sejak android 2.2 Froyo. Sayangnya, kemampuannya masih kurang maksimal dalam memindahkan semua aplikasi ke sdcard karena yang dipindahkan hanya cache bukan benar - benar aplikasinya CMIIW, sehingga aplikasi utamanya akan tetap berada dalam memory internal dan itu memakan banyak space.
Solusi terbaik bagi anda yang ingin memiliki ruang yang lega dalam memory internal sekaligus bisa menginstall sebanyak mungkin aplikasi dan game yang anda mau adalah dengan menggunakan aplikasi yang benar-benar mampu memindahkan aplikasi OS ke external memory. Dan aplikasi terbaik yg saya rekomendasikan adalah Darktremor A2SD.

Kelebihan dari aplikasi ini adalah:
  • Memindahkan aplikasi ke SD card menggunakan partisi khusus dalam SD card tersebut
  • Lebih stabil, karena mencegah boot looping.
  • Anda bebas menentukan berapa ukuran memory external yang akan digunakan sebagai space untuk memindahkan semua aplikasi (yang berarti anda bisa menginstall sebanyak apapun aplikasi yang anda mau karena semuanya tergantung kapasitas memory external)
  • Setiap aplikasi yang terinstall baik dari android market atau manual akan otomatis dipindahkan ke external memory
  • Memindahkan Dalvix Cache ke external memory
  • And more .....
Untuk beberapa custom rom seperti cyanogenmod, aplikasi ini sudah pre-installed sehingga bisa langsung digunakan. Sedangkan untuk stock rom, ada beberapa yang harus anda perhatikan yaitu harus dalam keadaan sudah di root dan harus menginstall script khusus a2sd darktremor
Cara menggunakannya cukup mudah, namun sebelumnya yang anda butuhkan adalah:
  • Aplikasi A2SDGUI untuk mengecek dan mengatur konfigurasi darktremor, klik di sini
  • Script A2SD, download di sini copykan ke sdcard (jangan di dalam folder)
  • Partisi khusus format ext2 atau ext4
Langkah - langkah:
  1. Partisi sdcard menggunakan software minitool partition wizard, dengan urutan sebagai berikut:
    • Partisi pertama format fat atau fat32 ukuran sesuai yang anda inginkan, disesuaikan dengan kapasitas sdcard (saya sendiri mempartisi menjadi 512 mb), type partisi "primary"
    • Partisi kedua format ext2 atau ext4 (saya menggunakan ext4), type partisi "primary"
    • Partisi ketiga (optional) format linux swap ukuran 64 - 75 mb, type partisi "primary"
  2. Masuk ke mode recovery (setelah handphone dalam keadaan mati, tekan tombol home dan power bersamaan), pilih install from sdcard > select (choose zip), pilih script a2sd yg sudah didownload tadi.
  3. Khusus jika script tidak bisa diinstall, pada menu recovery pilih mount and storage > mount system kemudian lakukan langkah 2.
  4. Restart, masuk ke market dan download aplikasi A2SDGUI jika anda belum melakukannya.
  5. Masuk ke aplikasi A2SDGUI, pilih allow jika ada pilihan superuser muncul, pilih yes untuk melanjutkan
  6. Setting:




Pilih "apps are on SD! setelah itu hp akan restart







Pada menu dalvix, pilih "Dalvix Cache on SD-EXT, kemudian pilih "move and rebuild" hp akan restart lagi, kali ini proses restart akan agak lama, tunggu saja sampai selesai.



You're done! Untuk melihat perubahannya bisa melalui Settings > Storage and SD atau melalui titanium backup, perhatikan internal storagenya :D

Useful link: Bagaimana saya membangun bisnis internet pertama saya

No comments:

Post a Comment

Monggo di-komeng